Terbaru! Cara Membuat File WA Tidak Tersimpan Otomatis

Terbaru! Cara Membuat File WA Tidak Tersimpan Otomatis

cara supaya gambar dan video wa tidak tersimpan otomatis di galeri hp

Anda bingung gimana caranya agar gambar dan video wa tidak tersimpan otomatis di galeri hp? Anda datang ke artikel yang tepat. Sekarang ini pengguna aplikasi whats app messenger semakin hari semakin meningkat.

Aplikasi tersebut bisa dikatakan sangat populer. Bahkan di Google Playstore jumlah penggunduh aplikasi wa sudah mencapai 1 milyar download. Luar biasa bukan...

Wa tidak hanya digunakan untuk kirim pesan atau video call saja. Namun kita juga bisa kirim foto, video dan banyak fitur wa lainnya.

Sebagian pengguna wa cukup kerepotan karena fitur unduh otomatis file. Itu dikarenakan pada dasarnya aplikasi wa akan mengunduh otomatis semua file yang di kirim ke kita.

Tanpa disadari penggunaan data internet akan boros dan space memori akan semakin penuh. Untuk anda yang memiliki smarthpone yang memiliki spek menengah keatas hal itu tidak menjadi masalah yang serius.

Tapi, hal itu sangat menjengkelkan untuk pengguna hp kentang yang memiliki space memori terbatas. Maka dari itu, menonaktifkan auto save atau unduh otomatis sangat di perlukan.

Namun untuk beberapa pengguna masih kebingungan bagaimana cara agar gambar dan video wa tidak otomatis tersimpan di galeri android. Jangan khawatir! karena pada artikel ini SmarthTekno akan memberikan caranya.

Jadi jika file di kirim melalui chat, kita bisa mengunduh secara manual yang mana ingin di download saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkahnya.

Cara Mematikan Unduh Otomatis File di Aplikasi Whats App


Fitur auto save file di wa terkadang cukup merepotkan. Terutama untuk hp android yang memiliki space penyimpanan yang terbatas.

Dengan mematikan fitur auto save, anda bisa menyortir file mana yang ingin di download. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Whats App nya.

Cara setting penyimpanan whatsapp

  • Klik titik tiga seperti pada gambar di atas dan masuk ke setelan.
  • Kemudian pilih menu "Penggunaan data dan penyimpanan"

Cara setting penyimpanan whatsapp

  • Di dalam menu "Penggunaan data dan penyimpanan" akan muncul fitur unduh otomatis pada foto no 1 yang saya tandai merah.
  • Selanjutnya klik bagian seperti yang saya tandai merah pada foto no 1. 
  • Hilangkan semua ceklisnya pada bagian foto, audio, video dan dokumen. Lihat seperti pada gambar di atas.

Cara Agar Gambar Wa Tidak Tersimpan di Galeri


Nah cara ini agar foto yang telah anda unduh tadi tidak akan muncul pada galeri android. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara agar gambar wa tidak tersimpan di galeri android

  • Masuk dahulu ke file manager
  • Kemudian cari folder "WhatsApp" >> "Media" >> "WhatsApp Images"
  • Di dalam folder "WhatsApp Images" tadi silahkan anda folder dengan nama ".nomedia" lihat pada gambar di atas

Untuk nama foldernya harus seperti itu ya. Lakukan hal yang sama jika ingin videonya juga tidak tampil. Tapi membuat folder ".nomedia" harus pada folder "WhatsApp Videos" jika ingin agar video wa tidak muncul di galeri atau pemutar video.

Bagaimana? tidak sulit kan melakukannya. Langkah tersebut bisa anda lakukan pada semua tipe smartphone android dan juga Iphone.

Sampai disini dulu artikel mengenai cara mematikan auto save file wa.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang teknologi di SmarthTeno. Kalau ada langkah yang bingung silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terakhir, apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya biar yang lain juga dapat mengetahuinya.
Share
Previous
« Prev Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel